You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Terara
Desa Terara

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat dan semangat hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928 - 28 Oktober 2022. #TerBang Terara Bangkit Menjadi lebih BAIK

Dusun Keliwatanja Desa Terara dan Program Kampung Sehat

Kasi Pemerintahan 29 Juni 2020 Dibaca 1.269 Kali
Dusun Keliwatanja Desa Terara dan Program Kampung Sehat

Keliwatanja 29/6/2020. Dalam rangka menyongsong New Normal perlu meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat secara bersama-sama dalam menghadapi Pandemi COVID-19. Untuk hal tersebut dilaksanakanlah salah satu program berupa Kampung Sehat.

Seperti yang disampaikan Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal dalam launching Program Kampung Sehat (19/6) di Lingsar Lombok Barat bahwa pada masa pandemi saat ini, semua elemen masyarakat harus mematuhi protokol Covid-19. Namun partisipasi publik perlu dirangsang agar warga punya gairah untuk bergerak. Sebab itu, Polda NTB terinspirasi menggelar program “Kampung Sehat” dengan slogan “NTB” atau Nurut Tatanan Baru 2020. Lomba akan berlangsung tiga bulan dengan peserta 1.136 desa dan kelurahan se-NTB. Peluncuran kemarin menjadi “genderang perang” bagi semua desa dan kelurahan yang ikut lomba. Melalui lomba akan memacu masyarakat pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19. Pada akhirnya kasus penularan virus Korona bisa diredam. Tujuannya jelas, Kurva pertumbuhan infeksi baru di NTB menurun. Selain penanganan COVID-19, lomba Kampung Sehat juga sekaligus mengatasi masalah gizi buruk dan stunting.

Dalam kegiatan ini, Desa Terara diwakilkan oleh Dusun Keliwatanja, sebagai salah satu Dusun Pemekaran baru yang terbentuk berdasarkan SK Bupati Lombok Timur pada akhir tahun 2019 kemarin. Sebagai salah satu Dusun yang juga turut serta dan konsen dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di Dusun Keliwatanja dibentuklah Panitia Kampung Sehat yang diketuai oleh Abdul Rahim, S.Pd.

Panitia yang dibentuk memiliki tugas antara lain :

  1. Memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat tentang new normal dalam menghadapi pandemi covid-19;
  2. Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dalam bidang Kesehatan, sosial kemasyarakatan dan usaha industri guna mempercepat pemulihan keadaan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19;
  3. Berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal penjagaan keamanan dan ketertiban di lingkungan yang menjadi wilayah program Kampung Sehat.

"Harapan besar kita adalah melalui kampung sehat ini bisa sebagai salah satu solusi menghadapi New Normal dan Pandemi COVID-19 di Dusun Keliwatanja khususnya dan secara umum wilayah Desa Terara. Tidak hanya dalam hal pandemi COVID-19 tapi juga bagaimana masyarakat bisa bangkit dalam bidang ekonomi, sosial kemasyarakatan, meningkatkan ketertiban dan keamanan, sehingga walaupun secara nasional pandemi ini masih terjadi, tapi kegiatan bermasyarakat terus berjalan dengan baik dan kesejahteraan masyarakat juga tidak terganggu, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol-protokol kesehatan yang ada. Dalam bagian inilah pantia Kampung Sehat yang dibentuk diharapkan bisa mengambil peran penting sebagai penyalur informasi, sebagai pendamping, sebagai fasilitator mungkin istilahnya." Begitu disampaikan Penjabat Kepala Desa Terara Bp H. Mas'ad SH dalam sela-sela persiapan penialaian lomba Kampung sehat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image